Sejarah
Operator Madrasah | 31 Oktober 2022 | Dibaca 21 kali

PROFIL YAYASAN

 

1. Nama Yayasan                  :   YAYASAN  PENDIDIKAN  DAN  DA’WAH  ISLAM  CIKAJAJANG

2. Alamat                                :   Jl.Sukadana Belk.No.39  RT.01 RW.05 Desa Cikajang  Kec.Cikajang

                                                    Kabupaten Garut  

3. No. Telp                              :   0262 577078

4. Nama Ketua Yayasan       :   Yuyu Yuharna,BA

5. No. HP                                 :   082214514963

6. Notaris                                :    

 7. Nomor                                :    

8. Kepemilikan Tanah           :   Yayasan

9. Luas Tanah                        :   1587 m2

10. Status Bangunan            :   Wakaf/Beli


1.      Visi Madrasah

Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di madrasah/madrasah. Madrasah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut:

a.       Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,

b.      Globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat,

c.       Era informasi,

d.      Pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia,

e.       Berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan,

f.        Era perdagangan bebas.

Tantangan sekaligus peluang tersebut di atas harus direspon oleh madrasah/madrasah kami, sehingga visi madrasah/madrasah diharapkan  sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil madrasah yang diinginkan di masa datang. Namun demikian, visi madrasah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional. Visi juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan:

a.       Potensi yang dimiliki madrasah,

b.      Harapan masyarakat yang dilayani madrasah.

Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders)  bermusyawarah, sehingga visi madrasah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.

Perkembangan dan tantangan masa depan seperti; perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi, dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu madrasah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. MTs.Cikajang Kecamatan Cikajang memiliki citra moral yang menggambarkan profil madrasah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam visi madrasah berikut:

 

“Terwujudnya Madrasah Pilihan Nurani Masyarakat Muslim     Dengan Lulusan Yang Berkualitas, Kompetitip Dan Berakhlak Mulia”.

 

Tujuan penyusunan dan pelaksanaan Kurikulum MTs.Cikajang Kecamatan Cikajang Garut  sebagai pedoman dalam pelaksanaan dan pengembangan kurikulum di MTs.Cikajang Garut juga pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran yang efektif menuju madrasah yang efektif (effectivenes school)

Indikator Visi MTs.Cikajang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut adalah sebagai berikut:

Dapat Terwujudnya Masyarakat Muslim, Yang Berilmu Tinggi, Berakhlak Mulia, Dan Berguna Untuk Agama, Bangsa Dan Negara, Yang Dilandasi Dengan Keimanan Dan Ketaqwaan.

2.      Misi MTs.Cikajang

a.       Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan pendidikan nasional yang bermuara pada tujuan pembangunan nasional, memerlukan usaha-usaha yang sistematis, terarah dan intensional dalam menggali dan mengembangkan potensi kepribadian yang dinamis, sehingga dapat menjadi omput yang berakhlaqul karimah berdasarkan pancasila serta berpedoman kepada Al-Qur’an dan Hadits

b.      Meningkatkan dan mengembangkan potensi sumber daya manusia yang kompetentif dan kompetitif sebagai subyek dan wahana untuk mencapai tujuan madrasah yang unggulan.Untuk mewujudkan VISI MTs.Cikajang Kecamatan Cikajang Garut tersebut, maka ditentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi sebagai berikut:

1.         Membentuk peserta didik yang mampu menjalankan ajaran Islam yang benar

2.         Meningkatkan kualitas peserta didik dalam bidang akademik

3.         Mewujudkan peserta didik yang mampu bersaing dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi

4.         Mencetak peserta didik yang berakhlak mulia.

A.    Tujuan MTs.Cikajang Kecamatan Cikajang

Tujuan MTs.Cikajang Kecamatan Cikajang Garut sebagai bagian dari tujuan pendidikan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di madrasah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

1.      Tujuan Umum

Menghasilkan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mandiri, tangguh, cerdas, kreatif, disiplin, inovatif, professional, bertanggung jawab, produktif, sehat jasmani, memiliki semangat belajar yang tinggi, cinta tanah air, kesetiakawanan, serta berorientasi masa depan.

2.      Tujuan Khusus

a.       Menghasilkan out put pendidikan yang memiliki:

b.      Keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa

c.       Wawasan IPTEK yang mendalam dan luas

d.      Motivasi dan komitmen yang tinggi untuk mencapai prestasi

e.       Disiplin yang tinggi yang ditunjang oleh kondisi fisik yang prima

Berkaitan dengan pencapaian tujuan pendidikan nasional dan Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan maka Kepala madrasah dan civitas madrasah serta dengan Komite madrasah menetapkan sasaran program/kegiatan pokok strategis, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan Visi dan Misi MTs.Cikajang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut.

 

B.     Rencana Strategis (RENSTRA) Madrasah

1.      Siswa memiliki kompetensi keagamaan yang memiliki nilai-nilai praktis dan terimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Seluruh warga madrasah terbiasa hidup bersih, sehat dan mencintai lingkungan hidupnya.

3.      Pembinaan budaya daerah dapat terselenggara secara optimal, minimal untuk budaya sunda, melalui upaya pengkondisian, pelatihan dan aktualisasisiswa.

4.      Menyelenggarakan pendidikan Komputer sebagai salah satu bentuk implementasi program Life Skill, dan mengimplementasikannya dalam berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan.

5.      Implementasi Kurikulum MTs.Cikajang Kecamatan Cikajangdapat berlangsung sesuai tuntutan dengan ditunjang oleh Sumber Daya Manusia yang handal serta sarana dan prasarana yang memadai.

6.      Kualitas layanan pendidikan meningkat sesuai dengan potensi dan minat siswa.

7.      Pembinaan OSIS sebagai wadah pembinaan kepribadian, media kreativitas dan aktualisasi diri siswa serta menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar siswa. Seluruh proses pendidikan terdukung oleh sarana prasarana yang memadai


Ketua Yayasan


Yuyu Yuharna,BA

 



Berita Terpopuler
Tes PPDB
12 Juni 2023 | 23 Kali
Pramuka Day
12 Juni 2023 | 18 Kali
Ujian Berbasis Android
12 Juni 2023 | 17 Kali
Tahsin Qur'an
12 Juni 2023 | 16 Kali
Info Grafis