PROFIL YAYASAN
1. Nama Yayasan : YAYASAN PENDIDIKAN DAN DA’WAH
ISLAM CIKAJAJANG
2. Alamat : Jl.Sukadana Belk.No.39 RT.01 RW.05 Desa Cikajang Kec.Cikajang
Kabupaten Garut
3. No. Telp : 0262 577078
4. Nama Ketua
Yayasan : Yuyu Yuharna,BA
5. No. HP : 082214514963
6. Notaris :
7. Nomor
:
8. Kepemilikan
Tanah : Yayasan
9. Luas Tanah : 1587 m2
10. Status Bangunan : Wakaf/Beli
1.
Visi Madrasah
Kurikulum disusun oleh satuan
pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan
dan potensi yang ada di madrasah/madrasah. Madrasah sebagai unit penyelenggara
pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan.
Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut:
a. Perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi,
b. Globalisasi yang memungkinkan
sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta
tempat,
c. Era informasi,
d. Pengaruh globalisasi terhadap
perubahan perilaku dan moral manusia,
e. Berubahnya kesadaran
masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan,
f.
Era
perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus peluang
tersebut di atas harus direspon oleh madrasah/madrasah kami, sehingga visi
madrasah/madrasah diharapkan sesuai
dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang
menggambarkan profil madrasah yang diinginkan di masa datang. Namun demikian, visi madrasah
harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional. Visi juga harus
memperhatikan dan mempertimbangkan:
a. Potensi yang dimiliki
madrasah,
b. Harapan masyarakat yang
dilayani madrasah.
Dalam merumuskan visi,
pihak-pihak yang terkait (stakeholders)
bermusyawarah, sehingga visi madrasah mewakili aspirasi berbagai
kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan,
siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk
mewujudkannya.
Perkembangan dan tantangan
masa depan seperti; perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi
yang sangat cepat, era informasi, dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang
tua terhadap pendidikan memicu madrasah untuk merespon tantangan sekaligus
peluang itu. MTs.Cikajang Kecamatan
Cikajang memiliki citra moral
yang menggambarkan profil madrasah yang diinginkan di masa datang yang
diwujudkan dalam visi madrasah berikut:
“Terwujudnya Madrasah Pilihan
Nurani Masyarakat Muslim Dengan
Lulusan Yang Berkualitas, Kompetitip Dan Berakhlak Mulia”.
Tujuan penyusunan dan
pelaksanaan Kurikulum MTs.Cikajang Kecamatan
Cikajang Garut sebagai pedoman dalam pelaksanaan dan
pengembangan kurikulum di MTs.Cikajang Garut juga
pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran yang efektif menuju madrasah yang
efektif (effectivenes school)
Indikator Visi MTs.Cikajang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut adalah sebagai berikut:
Dapat Terwujudnya Masyarakat Muslim, Yang
Berilmu Tinggi, Berakhlak Mulia, Dan Berguna Untuk Agama, Bangsa Dan Negara,
Yang Dilandasi Dengan Keimanan Dan Ketaqwaan.
2.
Misi MTs.Cikajang
a.
Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan
mewujudkan pendidikan nasional yang bermuara pada tujuan pembangunan nasional,
memerlukan usaha-usaha yang sistematis, terarah dan intensional dalam menggali
dan mengembangkan potensi kepribadian yang dinamis, sehingga dapat menjadi omput
yang berakhlaqul karimah berdasarkan pancasila serta berpedoman kepada
Al-Qur’an dan Hadits
b.
Meningkatkan dan mengembangkan potensi sumber
daya manusia yang kompetentif dan kompetitif sebagai subyek dan wahana untuk
mencapai tujuan madrasah yang unggulan.Untuk mewujudkan VISI MTs.Cikajang
Kecamatan Cikajang Garut tersebut, maka ditentukan langkah-langkah strategis
yang dinyatakan dalam misi sebagai berikut:
1.
Membentuk peserta didik yang mampu menjalankan
ajaran Islam yang benar
2.
Meningkatkan kualitas peserta didik dalam
bidang akademik
3.
Mewujudkan peserta didik yang mampu bersaing
dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
4.
Mencetak peserta didik yang berakhlak mulia.
A. Tujuan MTs.Cikajang
Kecamatan Cikajang
Tujuan MTs.Cikajang Kecamatan Cikajang Garut sebagai
bagian dari tujuan pendidikan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti
pendidikan lebih lanjut. Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang
dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di madrasah
mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan oleh Badan
Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
1. Tujuan
Umum
Menghasilkan manusia yang beriman dan bertaqwa
kepada Allah Swt, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mandiri, tangguh,
cerdas, kreatif, disiplin, inovatif, professional, bertanggung jawab,
produktif, sehat jasmani, memiliki semangat belajar yang tinggi, cinta tanah
air, kesetiakawanan, serta berorientasi masa depan.
2. Tujuan
Khusus
a.
Menghasilkan out put pendidikan yang memiliki:
b.
Keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Tuhan Yang
Maha Esa
c.
Wawasan IPTEK yang mendalam dan luas
d.
Motivasi dan komitmen yang tinggi untuk
mencapai prestasi
e.
Disiplin yang tinggi yang ditunjang oleh
kondisi fisik yang prima
Berkaitan dengan pencapaian tujuan pendidikan
nasional dan Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan maka Kepala
madrasah dan civitas madrasah serta dengan Komite madrasah menetapkan sasaran
program/kegiatan pokok strategis, baik untuk jangka pendek, jangka menengah,
dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan Visi dan Misi
MTs.Cikajang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut.
B. Rencana Strategis (RENSTRA) Madrasah
1.
Siswa memiliki kompetensi keagamaan
yang memiliki nilai-nilai praktis dan terimplementasikan dalam kehidupan
sehari-hari.
2.
Seluruh warga madrasah terbiasa
hidup bersih, sehat dan mencintai lingkungan hidupnya.
3.
Pembinaan budaya daerah dapat
terselenggara secara optimal, minimal untuk budaya sunda, melalui upaya
pengkondisian, pelatihan dan aktualisasisiswa.
4.
Menyelenggarakan pendidikan
Komputer sebagai salah satu bentuk implementasi program Life Skill, dan
mengimplementasikannya dalam berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan.
5.
Implementasi Kurikulum MTs.Cikajang Kecamatan Cikajangdapat berlangsung sesuai tuntutan
dengan ditunjang oleh Sumber Daya Manusia yang handal serta sarana dan
prasarana yang memadai.
6.
Kualitas layanan pendidikan
meningkat sesuai dengan potensi dan minat siswa.
7. Pembinaan OSIS sebagai wadah pembinaan kepribadian, media kreativitas dan aktualisasi diri siswa serta menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar siswa. Seluruh proses pendidikan terdukung oleh sarana prasarana yang memadai
Ketua Yayasan
Yuyu Yuharna,BA